BERBAGAI CONTOH SURAT PERMOHONAN

Surat Permohonan - Untuk melakukan permohonan diperlukan sebuah surat sebagai pengantar. Disini akan diberikan beberapa contoh surat permohonan, yang mungkin bisa bermanfaat. Salah satu surat yang sering dicari adalah, surat permohonan bantuan dana, surat permohonan beasiswa, surat permohonan izin tidak masuk kerja dan berbagai surat permohonan lainnya. Bagaimana cara dan konsep penulisannya, simak beberapa contoh surat permohonan dibawah ini

contoh surat permohonan


Sebelum melihat contoh surat permohonan, berikut ini ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis surat permohonan :

Di antara beberapa hal tersebut adalah:
  • Ditujukan untuk siapa surat tersebut. Apabila posisi kita sebagai karyawan hendaknya surat itu ditujukan untuk atasan, sedangkan apabila posisi kita sebagai mahasiswa surat tersebut ditujukan kepada dosen wali/ketua jurusan. Kemudian bagi siswa SD surat tersebut ditujukan untuk wali kelas/guru kelas, berbeda dengan siswa SMP/SMA surat tersebut hendaknya ditujukan kepada guru yang mengajar di kelasnya. Ini disebabkan karena siswa SMP/SMA tidak mengenal guru kelas melainkan guru bidang studi.
  • Nama pemohon. Tuliskan nama pemohon izin dengan jelas, nama lengkap beserta jabatan jika anda adalah seorang karyawan.
  • Keperluan sehingga harus mengajukan izin. Tulis keperluan anda dan alasan anda dengan jelas. Hindari menggunakan alasan kepentingan keluarga jika status anda belum menikah. Apabila keperluan anda menyangkut urusan keluarga seperti misalnya menghadiri pesta pernikahan saudara, tulislah alasan tersebut dengan jelas.
  • Batasan waktu dan tanggal perihal permohonan izin tersebut. Sertakan batasan waktu izin anda mulai dari tanggal, bulan, serta tahunnya.
  • Tanda tangan dan nama terang pemohon.

Surat izin tidak dapat hadir dalam sebuah pelatihan


Jepara, 5 Februari 2013
Kepada :
Yth. Bapak Ahmad Tantowi
Manajer TIM PERSIJAP
Jepara, Indonesia
Dengan Hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama :  Ahmad Heryawan
NIP :  557092367801962
Jabatan :  Pelatih  sepak bola
Mengajukan permohonan izin tidak dapat bekerja disebabkan ada suatu keperluan keluarga yakni menghadiri pemakaman saudara yang berdomisili di Jawa Timur.   Adapun pengajuan izin yang saya ajukan selama 3 hari, mulai dari tanggal 5 Februari sampai dengan 8 Februari 2013.
Demikian Surat permohonan ini saya buat berharap agar Bapak berkenan memberikan izin, atas pemberian izin Bapak, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Ahmad Heryawan


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja


Jepara, 10 Mei 2013
Kepada :
Yth. Ka Personlia PT. Jaya Meubel
Jalan Kartini No. 44 Jepara 51101
Telp. (0291) _________ Fax (0291) __________
Up. Bapak Sentani Mulyana
di- Tempat
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama :  Deni Budiman
Jabatan (0291) __________
Alamat Jalan Kalinyamat No.55 Jepara 51101
Telp. Staff Administrasi
Bersama ini saya bermaksud untuk mengajukan izin tidak masuk kerja selama tujuh hari ke depan disebabkan karena sakit. Sebagai bukti bahwasannya saya sedang dalam kondisi sakit berikut saya cantumkan bukti hasil cek kesehatan dari dokter : ______________ (Terlampir)
Demikian surat izin ini saya buat. Atas perhatian dan pengertian Bapak Saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,

Tanda tangan

Deni Budiman

CONTOH SURAT PERMOHONAN


No. : …………………………… ………………, ….-……-2005
Lamp : -
Hal : Permohonan


Kepada Yth.
Ketua Panitia PBA 2012
IKOPIN. Jatinangor

di-
Tempat


Dengan Hormat,

Setelah mendapatkan informasi beasiswa dari sekolah berupa Program Beasiswa Akadik (PBA) 2012 dari Institut Koperasi Indonesia (IKOPIN. Jatinangor) bersama ini saya mengajukan permohonan agar dapat mengikuti program beasiswa tersebut.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini saya sampaikan 1 (satu) berkas persyaratan beserta rekomendasi dari sekolah.

Demikian permohonan saya, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


contoh surat permohonan
Hormat Saya,

ttd

……………………………..
(Nama)


Contoh Surat Permohonan

Kepada Yth,
Bpk/Saudara : .................................
di-
     Tempat


Hal : Permohonan Bantuan Dana
Lampiran


Assalamu'alikum Wr. Wb.

Salam sejahtera kami haturkan, semoga kita senantiasa dalam lindungan Allah S.W.T dan senantiasa mendapatkan berkah serta kemudahan rizqi dari-Nya, Amin.
Sehubungan dengan rencana perbaikan bangunan Masjid Al-Falaq Desa Sukaramai, Kec. Karangtengah yang sesuai estimasi kami selaku panitia diperkirakan akan menghabiskan biaya total berjumlah Rp 200.000.000 (dua ratus juta rupiah), maka dengan ini kami mengetuk hati Bpk/Saudara agar sudi kiranya memberikan bantuan dana seikhlasnya.
Pemberian bantuan dana dapat diserakan kepada Saudara:
1. Ahmad Ubaidillah
2. Lukman Syarif
3. Abd. Huda
Demikian surat permohonan bantuan ini dibuat. Atas perhatian dan kedermawanannya disampaikan banyak terimakasih.
Semoga amalan serta ibadah kita senantiasa diterima oleh yang maha kuasa, Amin.
Wassalamu'alikum Wr. Wb

Sukaramai, 12 Mei 2103
Hormat kami,



M. RAMLAN M. IHSAN Drs. ALI HUDA
Ketua Panitia Sekretaris Kpl. Ds. Sukaramai
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait